Wiring Ecu Beat K46 dan K25
Jalur Soket ECU Honda Beat FI
Memahami jalur soket ECU pada Honda Beat FI dengan kode K46 dan K25 sangat penting untuk perawatan dan perbaikan sistem kelistrikan sepeda motor Anda. Berikut adalah penjelasan mengenai jalur soket pada kedua model tersebut:
1. Jalur Soket Honda Beat Kode K46

Pin | Warna Kabel | Fungsi |
---|---|---|
1 | Hitam | 12 Volt |
2 | Hijau/Hitam | Pompa bahan bakar |
3 | Hijau/Coklat | Sensor O2 |
4 | Hijau/Oranye | TPS (Throttle Position Sensor) |
5 | Putih/Merah | TPS |
6 | Kuning/Hitam | TPS |
7 | Putih/Hitam | Relay kaki 4 |
8 | Coklat/Hitam | Pompa bahan bakar |
9 & 10 | Hijau | Massa |
11 | Kuning/Biru | Negatif koil |
12 | Kuning | Pulser |
15 | Coklat | DLC (Data Link Connector) |
16 | Pink/Biru | Injektor (-) |
18 | Biru/Kuning | Lampu MIL (Malfunction Indicator Lamp) |
23 | Putih/Kuning | Pulser |
24 | Pink/Putih | Sensor EOT (Engine Oil Temperature) |
25 | Hijau/Putih | Standar samping |
28 | Kuning/Oranye | IACV (Idle Air Control Valve) |
29 | Kuning/Hijau | Tombol starter |
30 | Oranye/Putih | DLC |
31 | Hijau/Pink | Sensor EOT |
33 | Kuning/Hitam | Bendik starter |
2. Jalur Soket Honda Beat Kode K25

Pin | Warna Kabel | Fungsi |
---|---|---|
1 | Hitam | 12 Volt |
2 | Hijau/Hitam | Pompa bahan bakar |
3 | Hitam/Coklat | Sensor AFR atau O2 |
4 | Hijau/Oranye | TPS |
5 | Putih/Merah | TPS |
6 | Kuning/Hitam | TPS |
7 | Putih/Hitam | Relay kaki 4 |
8 | Coklat/Hitam | Pompa bahan bakar |
9 & 10 | Hijau | Massa |
11 | Kuning/Biru | Negatif koil |
12 | Kuning | Pulser |
15 | Coklat | DLC |
16 | Pink/Biru | Negatif injektor |
20 | Kuning/Oranye | IACV |
22 | Biru/Kuning | Lampu MIL |
23 | Putih/Kuning | Pulser |
24 | Pink/Putih | Sensor EOT |
25 | Hijau/Putih | Standar samping |
29 | Kuning/Hijau | Tombol starter |
30 | Oranye/Putih | DLC |
31 | Hijau/Pink | Sensor EOT |
33 | Kuning/Hitam | Relay starter |
Catatan Penting
Jika ECU dengan kode K46 mengalami kerusakan dan sulit ditemukan penggantinya, Anda dapat menggunakan ECU dengan kode K25 sebagai alternatif. Namun, perlu dilakukan penyesuaian pada jalur kabel berikut:
- Lampu MIL:
- K46: Pin nomor 18
- K25: Pin nomor 22
- IACV:
- K46: Pin nomor 28
- K25: Pin nomor 20
Dengan menukar jalur soket sesuai keterangan di atas, ECU K25 dapat digunakan pada Honda Beat yang sebelumnya menggunakan ECU K46.
Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda dalam memahami dan menangani sistem kelistrikan Honda Beat FI dengan kode K46 dan K25.
0 Post a Comment:
Posting Komentar
Terima kasih atas komentar dan masukan yang membangun blog ini.karena saya ada dari anda semua dan berusaha menjadi teman yang bijak buat anda