PERBAIKI IC FUELPUMP INJEKSI

Seperti kata motivator mas Ipho Santosa, kalau dapat rusa segeralah diikat, kalau enggak bisa bisa kabur. Sama seperti kalau kita dapat ilmu baru maka segeralah diikat, diikatnya dengan cara ditulis supaya nantinya enggak lupa dan bisa dibaca kembali. Menarik bukan! Ngomong ngomong apa ni hasil ikatan kang Majid? banyak…termasuk seperti artikel ini yang mengangkat tentang perbaikan fuel pump motor injeksi. Menariknya dalam artikel ini ternyata fuel pump rusak bukan semata mata dari motor penggeraknnya saja , melainkan komponen elextricalnya seperti Integrated Circuit (IC) juga bisa rusak. Fuel pump pakai IC..?? sebelumnya saya juga enggak ngerti sampai mendalam begitu, monggo dilanjutkan bacanya..

resistor-ic-fuel-pump-motor-injeksi-3

Yakin..kalau disuruh bongkar unit fuel pump pasti males, mending ganti assy (mudah). Namun berkat konsumen pemakai Yamaha MioJ dengan kejadian fuel pump mati melulu, jadinya penasaran untuk bongkar. Fuel pump mati, lantaran dekat dengan bengkel umum, dibawalah ke bengkel dan diganti fuel pump nya. Setelah dipakai satu harian, kembali lagi fuel pump jebol. Sudah pasti…masalah bukan ada pada fuel pump, melainkan ada pada komponen lain, fuel pump hanya jadi imbas kegagalan fungsi komponen tersangka

resistor-ic-fuel-pump-motor-injeksi-2 resistor-ic-fuel-pump-motor-injeksi-1

Kalau bayangan saya pribadi, secara theory dasar dan jika dilihat secara visual fuel pump cuma terdiri dari motor penggerak, impeller, dan pressure regulator (pembatas tekanan), namun faktanya tidak segampang itu. Penasaran? Dari kejadian motor penggerak fuel pump enggan berputar, lantaran pasti kita mikirnya motornya terbakar, tetapi…ini fuel pump baru, masak iya terbakar? dan memang benar…setelah dilakukan pengecekan yang rusak bukan motor penggeraknya, melainkan ada pada rangkaian Integrated Circuit (IC) pada fuel pump. Kalau saya sih orang awam elextronical, baru tau bahwa fuel  pump ternyata pakai IC juga (Gbr. diatas), sama kagak dengan pemirsa semua?

Mana wujud IC nya? gambar diatas bisa dilihat, IC Fuel pump milik MioJ diatas memiliki 6 kaki. Apa sih IC itu? Secara umum IC merupakan satu komponen elektronika aktif yang merupakan gabungan dari ratusan dan bisa ribuan komponen elektronikaka seperti transistor, resistor, dioda, dan juga kapasitor. Jadi dalam komponen ini tersimpan berbagai jenis komponen tersebut dalam bentuk yang lebih compact atau diintegrasikan menjadi satu kesatuan rangkaian dalam kemasan yang lebih kecil.

resistor-ic-fuel-pump-motor-injeksi

Disini coba didalami, karena bukan orang elextonical jadinya tinggal milih saja, antara IC unit-nya apa resistor, pasalnya dalam rangkaian IC unit setelah coba dikorek bahan penutupnya (insulator) ditemukan bahwa ada dua komponen utama dalam rangkaian tersebut yang meliputi IC unit dengan kode CT9AB SF249D dan resistor dengan spesifikasi 0.15 Ω (dilihat dari aplikasi elektro Droid).

resistor-ic-fuel-pump-motor-injeksi-4

Dari hasil pengukuran resistor pakai avometer hasilnya 7,13 – 7,48 MΩ, dari sini bisa dilihat bukan, resistor memiliki tahanan yang lebih besar (molor). Kalau tidak mau melakukan pengukuran bisa ganti salah satunya, tinggal milih saja kayak main togel, antara IC unit atau resistor. Cara lain yang lebih gampang, tidak perlu bongkar pasang IC atau resistor bisa dibelikan langsung unit IC assy (tinggal pasang). Ada? Kanibal dengan fuel pump lain, atau coba cari, pengalaman untuk IC unit milik motor Yamaha ada yang jul, harga 80K sampai 100K (lebih praktis) namun bukan beli di bengkel resmi ya, dalam bengkel resmi kita harus beli fuel pump assy.

Setelah coba IC assy diganti dengan kanibal fuel pump lain Mioj (Aisan – 54P), akhirnya pompa bisa bekerja kembali. Sekali lagi yang mendalami dunia elextronical bisa diganti saja per komponen, pastinya dari segi budget juga bisa ditekan lebih murah, tapi ingat, melepas IC dari dudukannya lumayan rumit bagi saya hehehe, pengalaman rangkaian terminal atau kaki-kaki IC bisa lepas karena efek pemanasan pakai solder. Sebelum berpisah tambahan satu lagi informasinya, dari beberapa informasi yang masuk, ternyata IC yang digunakan di fuel pump tersebut tidak dijual umum, jadinya sulit menemukan di pasaran. Monggo diisi komentarnya dibawah ini, jangan lupa artikel ini bisa di share ke sosmed yang agan punya, hitung hitung sodakoh ilmu Gratis… sumber:(cicakkreatip)